Buku Tamu

Kerajaan Loloda

Suatu cerita atau hikayat tiap daerah memiliki ciri khas sendiri-sendiri seperti dikenal di Maluku Utara seperti adanya legenda atau hakayat bacan, hikayat tidore, ternate dll. Banyak cerita lokal atau legenda khususnya di halmahera bahwa belum banyak yang terekspos baik lewat media masa maupun media cetak bahkan lewat tulisan atau buku sebagai sumber buatan yg dapat di baca serta di ketahui oleh setiap orang baik dewasa maupun anak-anak.
Loloda adalah sebuah wilayah mitos di perkirakan sebuah komonitas yg telah terbentuk sejak jaman dinasti MING dan di era majapahit bahkan sebelumnya, legenda telur naga oleh biksu cigara sebagai pemimpinn agama di saat agama budha dan hindhu mengalami kejayaan di massanya bahkan menguasai sebagian dunia termasuk nusantara sebagai contoh peninggalan termasur candi burubudur prambanan, mendut dll.
Seperti Cerita tentang 4 telur naga di bacan Yg menjadi pertanyaan dari mana asalnya,di mana induknya . bacan sebagai wilayah dengan istilah dehemakolano penguasa daerah ujung bila di kaitkan dengan loloda yg merupakan penguasa pintu masuk atau kolano ngaramabeno maka dapat di tarik benang merah jika naganya bertelur di loloda dan hanyut di bawa arus dan terdampar di wilayah bacan daerah ujung

0 komentar:

Posting Komentar

Kotak Pencarian

Pengikut

Daftar Blog